Gaji Pilot 70 Juta dan Pandemi

Posted By admin on Jul 5, 2020 | 0 comments


Menjadi seorang pilot adalah dambaan. Bagaimana tidak, jika dilihat dari sisi ekonomi memang sangat menjanjikan. Smk Penerbangan di Medan Sumatera Utara pernah mencoba untuk menaksir pendapatan seorang pilot.

smk penerbangan di medan
Gambar: Lionparcel.com

Menurut pantauan kami dari smk penerbangan di Medan, SUMUT, Beberapa maskapai penerbangan bahkan menggaji pilot dengan income yang sangat besar. Bahkan ada beberapa maskapai penerbangan di Indonesia yang bergaji tinggi hingga mencapai angka Rp 70 juta per bulan. Luar biasa bukan ?

Namun, dimasa pandemi ini, ternyata pilot juga tidak luput dari dampai Covid-19 yang juga mengguncang dunia penerbangan. Dengan ekonomi yang melambat dan cenderung menurun karena pandemi, maskapai penerbangan juga harus melihat kembali teknis operasional di perusahannya.

Ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan perusahaan karena pemasukan yang menurun drastis di masa pandemi. Dapat kita lihat, bahwa arus penumpang sangat berkurang di masa sekarang.

Untuk itu, — smk penerbangan di medan sumut — para maskapi harus melakukan efisiensi sumber daya manusia untuk mengurangi operational cost. Demikian juga dengan crew terbanga seperti pilot dan pramugari.

Seperti yang dikutip oleh SMK TTN darai cnbcindonesia, bahwa salah satu maskapai penerbangan tanah air, Lion Group juga memangkas hingga 2.600 tenaga kerja kontrak, termasuk pilot.

Pengamat penerbangan dari Arista Indonesia Aviation Center (AIAC) menjelaskan bahwa selama ini terdapa tiga skema hubungan kerja antara maskapai dengan pegawai. Selain pegawai tetap, ada pula pengawai khusus kontrak, yakni melalui perjanjian kerja waktu tertentu. Selanjutnya, ada pula tenaga outsourcing.

Dengan adanya pandemi Covid-19, intensitas terbang berkurang drastis. Ini membuat banayk maskapai kelebihan pilot, sehingga bayak yang mengambil langkah menyelesaikan kontrak.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan penerbangan di Indonesia kembali normal.

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Kunjungi Halaman Facebook

Facebook
YouTube
YouTube
Instagram